Banda Aceh

Aminullah Usman Pimpin Tim Safari Ramadhan Kunjungi Masjid As-Shadaqah Lamlagang

Tim Safari Ramadhan Masjid Gemilang Pemerintah Kota Banda Aceh memulai kegiatannya dengan melaksanakan shalat Isya dan Tarawih bersama warga, Jum’at (18/5). Masjid As-Shadaqah Lamlagang menjadi Masjid pertama yang dikunjungi tim safari pada bulan puasa kali ini.

foto : humas kota banda aceh

GEUNTA.COM, Banda Aceh – Tim Safari Ramadhan Masjid Gemilang Pemerintah Kota Banda Aceh memulai kegiatannya dengan melaksanakan shalat Isya dan Tarawih bersama warga, Jum’at (18/5). Masjid As-Shadaqah Lamlagang menjadi Masjid pertama yang dikunjungi tim safari pada bulan puasa kali ini.

Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM memimpin langsung tim yang beranggotakan para Kepala SKPK. Ikut juga bersama tim, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, Sekdakota Ir Bahagia DiplSE, Ketua TP PKK yang juga istri Wali Kota, Hj Nurmiaty AR dan sejumlah  unsur Muspida Kota.

Usai melaksanakan shalat Isya berjamaah, Wali Kota menyerahkan dana sebesar Rp.15 Juta untuk kemakmuran Masjid As-Shadaqah. Aminullah berharap dana yang diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemakmuran masjid As-Shadaqah.

Pada safari perdana ini, Wali Kota sendiri tampil sebagai penceramah. Dalam tausyiahnya, Aminullah menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan keberkahan umur, sehingga masih dapat berjumpa dan bertaubat di bulan yang penuh kemuliaan, bulan penuh rahmat dan ampunan.

“Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mendapat perhatian sangat khusus dari Nabi Muhammad SAW melebihi bulan-bulan lainnya. Bahkan ketika bulan Ramadhan menjelang, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, Rasulullah SAW senantiasa berdoa agar dipanjangkan umurnya dan bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan,” ujar Aminullah.

“Hal ini tidak dilakukan oleh Rasul SAW ketika menantikan bulan-bulan lainnya. Itulah mengapa, kita tidak boleh sedikit pun menyia-nyiakan kesempatan di bulan agung ini untuk meraih ampunan dari Allah SWT,” tambah Wali Kota.

Dengan memanfaatkan momen bulan suci Ramadan ini, Wali Kota dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh, mengajak seluruh warga untuk memperbaiki kualitas diri, menyucikan hati dan meningkatkan amalan, seperti memakmurkan masjid dengan melaksanakan tarawih, tadarus Al-Quran dan I’tikaf. Kemudian ikut meningkatkan ilmu pengetahuan agama, memperbanyak kegiatan dakwah, baik dakwah bil lisan maupun bil hal (dengan perbuatan).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menyampaikan, Pemerintah Kota menggelar sejumlah kegiatan pada bulan suci ini. Selain mengunjungi 10 masjid dengan tim safari, Pemko juga menggelar kegiatan dialog dakwah da’iyah, dimana 18 orang Ustadzah mengelilingi 90 Gampong untuk memberikan tambahan pengetahuan agama kepada kaum ibu-ibu.

“Melalui kegiatan ini, kaum ibu-ibu dapat berdiskusi dan berdialog langsung dengan para da’iyah terkait hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam, seperti persoalan aqidah, ibadah dan muammalah,” ungkap Aminullah.

Kemudian, Pemko juga mengadakan kajian dialog dakwah ramadhan yang dilaksanakan selama lima kali, mulai tanggal 21, 23, 28, 30 Mei dan 04 Juni di Aula lantai IV Gedung Mawardy Nurdin. Meski diadakan di komplek kantor Wali Kota, kajian dialog ini terbuka dan digelar untuk umum.

Selanjutnya, pada bulan ramadhan kali ini, Pemko juga mengadakan acara buka puasa bersama dengan berbagai komponen masyarakat.

“Kemudian, dalam waktu dekat ini kita juga akan menyalurkan zakat konsumtif kepada sekitar 5.000 – 6.000 penerima. Dan juga memberikan santunan serta berbuka puasa bersama anak yatim,” tambah Wali Kota.

Kepada seluruh warga, Aminullah meminta dukungan dan partisipasi aktif terhadap program-program Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Sesuai visi misi kami, Banda Aceh Gemilang Dalam Bingkai Syariah, salah-satu prioritas adalah program dibidang keagamaan. Kami terus bekerja keras mendorong peningkatan pengamalan syariat Islam. Kami berharap warga mendukung dan berpartisipasi aktif. Misalnya, kalau ada pelanggaran syariat ditemukan di lingkungannya, silahkan menginformasikan kepada aparatur kita. Boleh juga telpon call center yang telah kita buka,” pinta Wali Kota.

Dari Masjid As-Shadaqah, Aminullah juga mengajak seluruh warga kota untuk membantu muslim Palestina yang saat ini sedang mengalami perang dan dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

“Mari kita bantu saudara muslim kita di Palestina. Tunjukkan rasa solidaritas kita sesama muslim. Malam ini bersama kita hadir Syeikh Ayman Amin Ibrahim Abdel Qadir dari Palestina,” ujar Aminullah.

Di akhir ceramahnya, Wali Kota menginformasikan bahwa program santuan kematian dan bantuan paket melahirkan bagi warga kota sudah mulai berjalan.

Laporan dari Kabag Isra Setdakota, Arie Maula Kafka, jamaah shalat tarawih Masjid As-Shadaqah berhasil mengumpulkan bantuan untuk Palestina sebesar Rp.12.879.000,-.

Bantuan yang dikumpulkan akan diserahkan kepada Syeikh Aiman melalui ACT untuk diteruskan kepada muslim Palestina. Syeikh Aiman sendiri akan melakukan road show di Banda Aceh hingga 11 Ramadhan.

Sebelumnya, rekawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar buka puasa bersama warga di Masjid As-Shadaqah. (rel)

 

Facebook Comments
To Top