Kesehatan

Cegah Bau Mulut Saat Bulan Puasa dengan Cara Ini

Kewajiban menahan lapar dan haus saat berpuasa membuat beberapa bagian tubuh lebih kering dari biasanya. Seperti halnya bagian dalam mulut.

Ilustrasi Bau Mulut. Foto | Shutterstock

GEUNTA.COM —  Kewajiban menahan lapar dan haus saat berpuasa membuat beberapa bagian tubuh lebih kering dari biasanya. Seperti halnya bagian dalam mulut.

“ Keringnya mulut yang menyebabkan bau tidak sedap. Jadi, perbanyak minum air mineral dan rajin sikat gigi,” ujar Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Nada Ismah di Hotel All Seasons Thamrin, Jumat 18 Mei 2018.

Selain keringnya mulut, banyaknya sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi dan pemakaian obat kumur tertentu juga bisa memicu bau tidak sedap.

“ Sikat gigi minimal dua kali sehari. Saat sahur dan sebelum tidur agar gigi bersih dari sisa makanan. Jangan lupa pilih obat kumur yang tidak membuat mulut kering,” jelasnya.

Bila perlu, periksakan kesehatan gigi dan mulut pada dokter agar gusi dan gigi bebas dari plak, karang, peradangan serta gigi bolong.

“ Sebelum bulan puasa, pergilah ke dokter untuk membersihkan karang dan menambal gigi bolong supaya gigi lebih sehat serta bebas dari bau mulut,” ucap Nada.

SUMBER | DREAM
Facebook Comments
ADS SPACE GEUNTA
To Top