Kesehatan

Inilah Menu Makanan Sahur yang Sehat Ketika Berpuasa

Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan berpuasa di bulan Ramadan. Agar Anda tidak lemas di siang hari, menu makanan yang

foto : noonpost.org

GEUNTA.COM – Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan berpuasa di bulan Ramadan. Agar Anda tidak lemas di siang hari, menu makanan yang dipilih haruslah sehat dan mengandung nutrisi yang lengkap.

“Orang berpuasa itu yang paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari,” ujar dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital.

Menurut Samuel, lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula darah di dalam tubuh mulai menurun setelah dipakai untuk beraktivitas. Untuk menyiasatinya, pilihlah menu sahur yang tepat agar gula darah tetap stabil seharian.
Menu sahur sehat yang dimaksud dr Samuel adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah.

“Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat supaya penyerapannya pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan, dan akan dimasukkan ke sel oleh insulin secara perlahan. Karena itu, menjelang buka puasa gula darahnya masih tinggi sehingga tidak merasa lemas di siang hari,” kata dr Samuel.

Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi.

“Minum air putih tiga sampai empat gelas. Air putih, jangan ditambah sirup,” kata dr Samuel menegaskan.

Dan menjelang imsak, sebaiknya konsumsi lagi karbohidrat yang berasal dari buah. “Bisa juga buah diblender dengan kulitnya supaya penyerapannya perlahan, dan tanpa gula.”

Selain itu, putih telur rebus juga bisa dikonsumsi kembali menjelang masuk waktu imsak.

“Makanan-makanan ini bisa bertahan lama di lambung, sehingga gula darah bisa konstan,” ujar dr Samuel.

 

sumber : cnnindonesia
Facebook Comments
To Top