Aceh

Khasiat 44 Daun dari Ie Bu Peudah Selama Bulan Suci Ramadhan

GEUNTA.COM, ACEH BESAR — Memasuki Bulan Suci Ramadhan wajib bagi umat muslim melaksanakan Ibadah Puasa, namun bagi warga aceh sendiri ada salah satu kuliner yang wajib anda santap ketika berbuka. Yaitu Ie Bu Peudah.

Ie Bu Peudah merupakan minuman atau bubur tradisional aceh khas di bulan suci ramadhan yang di buat dari campuran empat puluh empat macam dedaunan yang sudah di keringkan dan di tumbuk, serta di campur juga di dalamnya kunyit, lada, beras dan kelapa di saat memasaknya.

Menurut Mirza, salah seorang warga Lam Seunom mengatakan, masakan ie bu peudah ini sudah menjadi tradisi turun-temurun di lakukan dan di bagikan secara gratis di desa Lam Seunom, Kuta Baro, Aceh Besar.

“Masyarakat akan berdatangan biasanya setelah shalat ashar dengan membawa tempat untuk dibubuhi ie bu peudah ini terutama anak-anak sangat senang mengambil ie bu peudah ini di bulan suci ramadhan,” katanya.

“Tidak hanya di desa ini di sebagian besar desa di Aceh juga melakukan hal serupa, hanya saja berbeda menu ie bu nya, ada yang ie bu kanji ada juga yang ie bu peudah, menurut kesepakan desa dengan masyarakatnya,” tambah Mirza.

Proses menyiapkan bahan ie bu peudah ini sendiri di lakukan dilakukan setelah shalat dzhur hingga menjelang berbuka, biasanya melibatkan beberapa pemuda ditemani seorang koki secara bergilir atau sudah ditetapkan secara bersama sebelumnya melalui musyawarah desa.

Geunta.com sempat melansir apa manfaat dari Ie Bu Peudah ini, adapun manfaat ie bu peudah khas Aceh ini bagus untuk kesehatan, badan hangat, tidak berangin selama puasa juga dinilai sangat baik untuk pencernaan, khususnya bagi para penderita maag dan lambung, di karenakan bahan baku dari ie bu peudah ini berasal dari daunan alami secara herbal dan di proses secara tradisional.

(RZA)

Facebook Comments
ADS SPACE GEUNTA
To Top