Tekno

Snapdragon 710 Hadirkan Fitur Ponsel Mahal di Handset Terjangkau

Keberadaan prosesor Qualcomm menjadi jaminan keandalan sebuah smartphone. Bahkan pabrikan dunia selalu menunggu chipset terbaru mereka sebelum merilis ponsel flagship-nya. Kini Qualcomm bertindak lebih ramah dengan para pengguna ponsel dengan harga terjangkau

Foto : Doc Pri

GEUNTA.COM, San Diego – Keberadaan prosesor Qualcomm menjadi jaminan keandalan sebuah smartphone. Bahkan pabrikan dunia selalu menunggu chipset terbaru mereka sebelum merilis ponsel flagship-nya. Kini Qualcomm bertindak lebih ramah dengan para pengguna ponsel dengan harga terjangkau, tidak murah dan tak mahal. Ini dikarenakan pada Rabu malam (23/5), perusahaan asal Amerika Serikat itu memperkenalkan Snapdragon 710 Mobile Platform.

Sebuah chipset pertama di kelas Snapdragon 700 tier yang dibangun menggunakan proses 10nm. Termasuk di dalamnya mesin kecerdasan buatan atau AI multicore dan pemrosesan jaringan syaraf. Snapdragon 710 inilah yag memungkinkan handsetdengan harga lebih terjangkau menawarkan fitur-fitur yang hingga kini hanya terlihat pada ponsel flagship yang mahal. Dibandingkan dengan chipset Snapdragon 660, chipbaru ini menyediakan dua kali peningkatan dalam aplikasi AI.

Laman Phone Arena menyadur website Qualcomm, Kamis (24/5/2018) menyebutkan, CPU octa core-nya terdiri dari dua custom kinerja tinggi. Kryo 360 core yang berjalan pada 2.2GHz dapat melakukan “pengangkatan” berat. Lalu Enam Kryo 360 yang tersisa memiliki kecepatan clock 1.7GHz dan digunakan dalam layanan umum pada ponsel.

Grafisnya adalah Adreno 616 GPU. Arsitektur Kryo 360 yang didasarkan pada teknologi ARM Cortex dioptimalkan guna memberikan peningkatan kinerja 20% dan penelusuran 25% lebih cepat. Itulah yang membuat ponsel nantinya bisa membuka aplikasi 15% lebih cepat.

Qualcomm menyebutkan, arsitektur Snapdragon 710 Mobile Platform menjalankan aplikasi AI pada perangkat dengan cepat dan efisien. Berbicara efisiensi, perangkat yang didukung oleh Snapdragon 710 akan menggunakan daya 40% lebih sedikit untuk game dan pemutaran video HDR 4K.

Begitu juga streaming video bakal mengonsumsi daya 20% lebih sedikit. Ketika tiba waktunya untuk mengisi kembali baterai, Quick Charge 4+ mengisi daya sel hingga 50% hanya dalam waktu 15 menit.

Modem Snapdragon X15 LTE ikut disertakan dan mendukung kecepatan Cat 15 LTE (800Mbps). Chip ini mendukung peningkatan konektivitas 4G LTE terbaru termasuk 4×4 MIMO yang memungkinkan kecepatan unduh 70% lebih cepat di area dengan sinyal lemah.

Qualcomm menyatakan, SoC baru akan hadir dengan fitur WiFi canggih dan audio multicast Bluetooth 5 yang ditingkatkan dengan dukungan untuk earbud nirkabel berdaya rendah. SoC baru dilengkapi Qualcomm Spectra 250 ISP baru yang menangkap foto dan video yang tampak profesional.

Dalam kondisi cahaya rendah, ini membantu memberikan gambar yang superior. Ini juga mendukung pengurangan noise, autofocus cepat, stabilisasi gambar, zoom halus dan efek bokeh real-time.

“Snapdragon 710 Mobile Platform adalah yang pertama dalam 700-tier yang baru saja ditetapkan dan sangat signifikan, menawarkan teknologi dan fitur yang sebelumnya hanya tersedia di platform seluler premium-tier,” kata Kedar Kondap, Wakil Presiden, Produk Manajemen, Qualcomm Technologies, Inc.

Dengan memasukkan kemampuan kunci AI dan peningkatan kinerja, lanjut dia, Snapdragon 710 dirancang untuk mengubah produk pelanggan kami menjadi asisten pribadi utama, meningkatkan pengalaman konsumen sehari-hari yang penting. Seperti fitur kamera canggih yang akan mendapatkan manfaat dari pemrosesan AI kecepatan tinggi di perangkat, tanpa mengorbankan masa pakai baterai.

Platform Seluler Qualcomm Snapdragon 710 tersedia untuk pabrikan perangkat seluler saat ini. Jika Anda membeli ponsel di kuartal sekarang, maka harus menemukan prosesor ini di data ponsel yang dibeli.

Sumber : Sindonews.com
Facebook Comments
ADS SPACE GEUNTA
To Top