Olahraga

Dovizioso dan Lorenzo Optimistis di MotoGP Italia

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berharap bisa mengulang kenangan indah dalam lomba MotoGP di Mugello, Italia, akhir pekan ini

Pembalap MotoGP, Andrea Dovizioso. Foto | AP/Eric Gay

GEUNTA.COM — Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berharap bisa mengulang kenangan indah dalam lomba MotoGP di Mugello, Italia, akhir pekan ini. Tahun lalu, ia mampu menjadi yang terbaik di sikuit ini.

Kemenangan tahun lalu itu layak di kenang. Itu menjadi kemenangan pertama Dovizioso di tahun 2017 yang kemudian membuat persaingan perebutan gelar juara begitu ketat dan berlanjut hingga ke Valencia.

Balapan minggu nanti adalah akhir pekan all-italian yang ingin Dovi ulangi, terutama setelah dua balapan terakhir yang hasilnya jauh dari harapan. Ia kini memiliki selisih 49 poin di belakang Marc Marquez, sang pemimpin klasemen.

Dovizioso perlu mengurangi jarak poin itu jika dia ingin menjaga harapannya tetap hidup. Tentu saja ini bukanlah tugas yang mudah. Marquez menjadi yang tercepat dalam lintasan Mugello di sesi latihan terakhir. Tapi Dovizioso dan Ducati Desmosedici-nya masih memiliki beberapa kartu untuk dimainkan.

“Sulit untuk membuat prediksi GP Italia, karena tahun ini setiap balapan berbeda, tapi meskipun rival utama kami sangat cepat dalam tes beberapa minggu lalu, kami telah membuktikan bahwa kami selalu cepat dalam balapan dan pasti kami akan bersaing di Mugello,” kata Dovizioso.

Ia melanjutkan, “Tahun lalu, saya dan Danilo Petrucci membuat perbedaan dengan tetap berada di depan dan saya sangat percaya diri karena tahun ini kami telah membuktikan bahwa kami selalu cepat di setiap lintasan. Semua poin yang hilang dari kami dalam dua balapan terakhir memang sangat disayangkan, tapi lebih baik tidak terlalu memikirkan hal itu karena masih ada jalan panjang di kejuaraan.”

Pembalap Ducati lain, Jorge Lorenzo, juga berharap meraih hasil bagus di Mugello. Ia  telah memenangkan 5 dari 7 edisi terakhir GP Italia, dia melakukannya dengan Yamaha.

Situasi dengan Ducati jauh lebih rumit, namun Lorenzo ingin menunjukkan bahwa semuanya belum berakhir dan masih ada waktu untuk mendapatkan hasil yang bagus. “Saya datang ke GP Italia dengan antusiasme tinggi untuk mendapatkan hasil bagus yang sekaligus membuktikan bahwa apa yang kami kerjakan baru-baru ini berjalan ke arah yang benar,” kata dia.

Ia cukup optimistis melihat performa motornya. “Perjuangan kami untuk naik podium tidak berjarak terlalu jauh, dan kami hanya perlu sedikit langkah untuk kembali kompetitif. Saya pikir kami bisa melakukannya di Mugello,” kata Lorenzo.

Ia melanjutkan, “Tes di Barcelona minggu lalu berjalan sangat baik dan kami akan memiliki sesuatu yang baru untuk meningkatkan aspek ergonomi motor saya, yang menurut saya dapat membantu saya menjadi lebih konsisten di seluruh balapan. Mugello adalah tempat istimewa, salah satu sirkuit favorit saya dan saya punya banyak kenangan indah di trek ini. Saya siap dan sangat bersemangat untuk balapan akhir pekan ini.”

Untuk GP yang berlangsung di negara asalnya ini, Ducati juga akan menurunkan Michele Pirro ke lintasan. Ini adalah balapan MotoGP pertamanya di musim ini. Pembalap tes asal Italia itu sangat antusias untuk memacu motornya di lintasan Mugello dan telah membuktikan bahwa dirinya mampu membawa hasil yang baik ketika diberi kesempatan.

“Akhirnya, setelah berbulan-bulan, saatnya telah tiba bagi saya untuk berpartisipasi dalam balapan MotoGP: balapan di kejuaraan ini adalah hal yang paling saya sukai dan seperti biasa saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ducati karena telah memberi saya kesempatan untuk balapan dengan motor ketiga mereka di sini, di Mugello,” kata Pirro.

Jadwal MotoGP Italia

Jumat, 1 Juni 2018
Latihan bebas 1: 14.55-15.40 WIB
Latihan bebas 2: 19.05-19.50 WIB

Sabtu, 2 Juni 2018
Latihan bebas 3: 14.55-15.40 WIB
Latihan bebas 4: 18.30-19.00 WIB
Kualifikasi 1: 19.10-19.25 WIB
Kualifikasi 2: 19.35-19.50 WIB

Ahad, 3 Juni 2018
Pemanasan: 14.40-15.00 WIB
Balapan: 19.00 WIB

Klasemen MotoGP 2018
1. Marc Marquez (Repsol Honda) 95 poin
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 59
3. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58
4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 56
5. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 54
6. Jack Miller (Pramac Ducati) 49
7. Andrea Iannone (Suzuki) 47
8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 46
9. Andrea Dovizioso (Ducati) 46
10. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 29
11. Tito Rabat (Avintia Racing) 24
12. Alex Rins (Suzuki) 22
13. Pol Espargaro (KTM) 18
14. Jorge Lorenzo (Ducati) 16
15. Franco Morbidelli (Marc VDS) 16
16. Aleix Espargaro (Aprilia) 13
17. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 13
18. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 12
19. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10
20. Mika Kalilo (KTM) 6
21. Scott Redding (Aprilia) 5
22. Bradley Smith (KTM) 5
23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1

SUMBER | TEMPO | CRASH | GPONE
Facebook Comments
To Top