Olahraga

Tampil Kurang Memukau, Jerman Kalahkan Arab Saudi 2-1

Juara dunia Jerman gagal menunjukkan penampilan terbak mereka saat melakoni laga persahabatan terakhir sebelum berlaga di Piala Dunia 2018

Timo Werner (kedua kanan) merayakan gol ke gawang Arab Saudi bersama rekan-rekannya di timnas Jerman. Foto | EPA-EFE/SASCHA STEINBACH

GEUNTA.COM — Juara dunia Jerman gagal menunjukkan penampilan terbaik mereka saat melakoni laga persahabatan terakhir sebelum berlaga di Piala Dunia 2018. Akan tetapi penampilan biasa Jerman cukup mengatasi Arab Saudi 2-1 dalam pertandingan di Bay Arena, Leverkusen, Sabtu (9/6) dini hari WIB.

Timo Werner mencetak gol pembuka pada menit kedelapan. Omar Hawsawi kemudian memperbesar keunggulan Jerman pada menit ke-43 lewat gol bunuh diri. Taisir Al Jassim memperkecil skor enam menit sebelum waktu normal berakhir.

Itu merupakan kemenangan pertama Jerman dalam enam pertandingan (tiga imbang, dua kalah) persahabatan sebelum menuju Rusia. Die Mannschaft

tampaknya berusaha menghindari cedera yang tak perlu sebelum bertarung habis-habisan di Rusia.

“Saya tidak memiliki kekhawatiran setelah pertandingan ini,” kata pelatih Jerman Joachim Loew dikutip Reuters. “Kami akan meningkat dan setelah turnamen dimulai kami akan siap.”

Ia mengakui penampilan timnya menurun pada babak kedua. Dari sisi pertahanan, Jerman dinilainya harus bekerja sedikit lebih baik dan tidak meninggalkan begitu banyak ruang terbuka.

“Secara keseluruhan, kami menyia-nyiakan terlalu banyak peluang dan memberikan lawan terlalu banyak kesempatan,” ujar dia.

Kiper Manuel Neuer menjadi starter dalam pertandingan kedua berturut-turut setelah istirahat akibat cedera selama sembilan bulan. Jerome Boateng juga kembali dari cedera otot. Komposisi tim yang diturunkan Loew tampak sebagai gambaran tim inti di Rusia, minus Mesut Oezil yang menjadi penonton karena mendapatkan ketukan di lututnya.

Setelah gol Werner hasil operan Marco Reus, Jerman gagal mempertahankan tempo. Pertahanan mereka mengalami beberapa penurunan konsentrasi ketika Saudi menunjukkan kecepatan dan keterampilan mereka, menempatkan bek tengah Mats Hummels di bawah tekanan pada babak pertama.

Omar Hawsawi mencetak gol bunuh diri sesaat sebelum turun minum setelah Jerman dua kali membentur mistar dan mereka bisa menambahkan beberapa lagi jika bukan karena serangkaian penyelamatan bagus dari kiper Saudi Abdullah Al-Mayouf.

“Mungkin kami kurang memiliki kekuatan setelah kamp pelatihan (dua pekan). Tetapi pekan depan kami akan menjadi lebih segar dan kuat,” kata Loew.

Saudi mencetak gol lewat Taisir Al-Jassim. Ia menyambut bola rebound setelah Marc-Andre ter Stegen menyelamatkan penalti pada menit ke-85. Al-JAssim melewatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan pada menit akhir.

Ilkay Guendogan yang masuk pada babak kedua dicemooh untuk pertandingan kedua secara beruntun saat menguasai bola. Fan Jerman masih marah karena foto yang dia ambil bersama presiden Turki Tayyip Erdogan bulan lalu.

Jerman berada di Grup F bersama dengan Swedia, Korea Selatan dan Meksiko. Sementara Arab Saudi akan menghadapi tuan rumah Rusia dalam pertandingan pembukaan turnamen pada 14 Juni dan juga meladeni Mesir dan Uruguay di Grup A.

Susunan pemain Jerman vs Arab Saudi:

Jerman (4-2-3-1)

Neuer (ter Stegen 45′); Kimmich (Ginter 81′), Boateng (Süle 45′), Hummels, Hector; Kroos, Khedira; Mueller (Brandt 74′), Reus (Guendogan 57′), Draxler; Werner (Gomez 63′).

Cadangan: Trapp, Plattenhardt, Rüdiger, Goretzka, Rudy.

Arab Saudi (4-1-4-1)

Al Muaiouf; Al Shahrani, Osama Hawsawi (c) (Al Bulayhi 83′), Omas Hawsawi, Al Harbi (Al Burayk 45′); Abdullah Otayf; Al Shehri, Al Jassim, Al Faraj (Al Khaibari 90′), Al-Dawsari (Bahbri 88′); Al Muwallad (Al Sahlawi 64′).

Cadangan: Al Mosailem, Al Owais, Al Khaibri, Al Dawsari, Hawsawi, Kanno.

Sumber: Reuters
Facebook Comments
To Top