Selamat hari Raya Idul Adha
Nasional

Angkut Bantuan ke Palu-Donggala, PMI Kirim 2 Heli

Kondisi di Palu pascagempa (Foto: DRONE PILOT TEZAR KODONGAN/via REUTERS)

GEUNTA.COM — PMI akan mengirimkan 2 helikopter ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Kedua heli ini akan membantu para korban gempa dan tsunami untuk menyalurkan bantuan.

“PMI pusat akan mengerahkan 2 unit helikopter ke lokasi bencana gempa bumi dan tsunami Palu-Donggala, Sulteng,” ucap Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, dalam keterangannya, Minggu (30/9/2018).

JK mengatakan heli yang akan dikirim jenis Bolcow BO-105 yang akan dikirim dari Makassar. Heli itu dipercaya JK ampuh untuk mengirim bantuan dari udara.

“Digunakan untuk men-dropping makanan dan obat-obatan serta tim medis di medan yang sulit dijangkau oleh moda transportasi darat dan laut,” ujarnya.

Menurut JK, heli ini sudah sering digunakan untuk membantu korban bencana. Heli ini pernah dipakai saat membantu korban gempa dan tsunami di Mentawai, Sumbar, 2010 lalu.

“Berdasarkan pengalaman gempa dan tsunami, di Mentawai, 2010 lalu, helikopter ini sangat bermanfaat digunakan para relawan dalam menyalurkan bantuan dan mengangkut korban yang membutuhkan pertolongan medis dalam waktu cepat,” jelas JK.

Sebelumnya diberitakan, korban yang tercatat di Palu terdiri dari 405 korban tewas dan 540 orang mengalami luka-luka. Diperkirakan masih banyak korban yang lainnya yang belum terdata. Akses menuju daerah bencana dan akses komunikasi di daerah bencana tersebut masih sangat terbatas.

“Jumlah korban meninggal yang terdata di sejumlah rumah sakit: 405 orang,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/9).

Sementara itu data dari BNPB, korban jiwa berjumlah 384 jiwa. Akibat gempa tersebut, lebih dari 16 ribu warga di Palu mengungsi. Jumlah ini belum termasuk warga di Donggala dan Sigi, lokasi titik gempa.

SUMBER: DETIK
Facebook Comments

Most Popular

To Top