Selamat hari Raya Idul Adha
Luar Negeri

Buka Sasana Tinju di Arab Saudi, Prince Naseem Hamed bakal Ajak Pemerintah

Petinju Prince Naseem Hamed saat masih bertinju (kanan) dan saat telah pensiun (kiri). Foto: Longroom

GEUNTA.COM — Bekas juara dunia “Prince” Naseem Hamed mengatakan bakal membuka sasana tinju di Arab Saudi pasca pertarungan tinju profesional pertama digelar di kerajaan itu.

Ajang The World Boxing Super Series bakal melangsungkan final di Jeddah dalam pertandingan antara petinju George Groves dan Callum Smith. Keduanya bakal memperebutkan trofi Muhammad Ali.

Prince Naseem, yang merupakan bekas petinju legendaris keturunan Yaman berkewarganegaraan Inggris, bakal ikut menonton pertandingan itu.

Naseem, 44 tahun, yang kelahiran Sheffield, dikenal sebagai salah satu petinju un-orthodox karena gaya bertinjunya yang tidak mengikuti gaya standar bertinju. Dia, yang berkarir tinju selama sekitar sepuluh tahun, pernah memegang gelar untuk kelas bulu, bantam, dan super-bantam pada 1990an.

“Saya menerangi Timur Tengah ketika saya menerangi dunia pada era 90an dan memberi kebanggaan kepada warga di sini,” kata Naseem kepada Arab News, Jumat, 28 September 2018.

Menurut Naseem, ini saatnya merealisasikan mimpinya membangun sasana tinju di Arab Saudi dengan bekerja sama dengan pemerintah setempat yang bakal diberi nama Prince Naseem Academy.

“Saya ingin memproduksi juara dari Arab Saudi dan kawasan sekitar,” kata dia.

Menurut Naseem, ada banyak kesempatan untuk mewujudkan ambisinya itu. “Saya yakin ada banyak petinju Arab berbakat yang menunggu untuk ditemukan. Kita akan memiliki pelatih berbakat dan juara,” kata dia.

Menurut Naseem, yang kalah angka telak dari petinju Meksiko Marco Antonio Barrera pada pertandingan yang digelar sekitar 2000 ini, ada banyak bakat di kawasan Timur Tengah. “Petinju profesional belum pernah masuk ke Arab Saudi dan sekarang menjadi berkah karena pintu telah terbuka saat ini,” kata dia.

Facebook Comments

Most Popular

To Top