Selamat hari Raya Idul Adha
Aceh

Kenalkan Wisata Tangse, Warga Gelar Pacuan Kuda

Lomba Pacuan Kuda di Takengon. Foto: Abik

GEUNTA.COM, Sigli – Kelompok Pemuda Tangse akan menggelar lomba pacuan kuda tradisional di lapangan Bola Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, pada 29-30 September 2018. Sebanyak 15 ekor kuda yang didatangkan langsung dari dataran tinggi Gayo, akan bertanding dan memperebutkan hadiah total 18 juta rupiah.

Adapun pergelaran yang dilaksanakan di dataran tinggi Pidie tersebut, bertujuan untuk menjadikan kawasan Tangse menjadi destinasi wisata dan budaya Aceh.

Ketua Panitia, Yasir Arafat, pada awak media mengatakan kegiatan tersebut digelar semata-mata hanya untuk menghibur masyarakat dan menjadikan daerah kelahirannya tersebut menjadi daerah tujuan wisata.

Karena menurutnya konsep untuk mengembangkan potensi wisata dan kunjungan wisatawan adalah dengan mengadakan banyak event, sehingga target yang dicapai adalah mengembangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam sektor industri wisata.

“15 ekor kuda yang akan ikut kompetisi ini, kudanya kami datangkan dari Gayo, kami sangat ingin menjadikan daerah kami juga maju seperti daerah orang lain, caranya harus dengan banyaknya event,” pungkasnya.

Sementara pihak panitia menargetkan akan ada 10 ribu penonton dari Pidie dan luar Pidie yang akan menuju Tangse untuk melihat pertunjukan lomba kuda pertama kali di Pidie tersebut.

Dia juga berharap, pemuda-pemuda Gampong di Pidie, dapat terus kreatif dengan berbagai event sehingga nantinya dapat menunjang ekonomi masyarakat didaerahnya sekitarnya.

“Pemuda Pidie harus inovatif dalam melihat dan melawan perkembangan dunia dewasa ini, jika tidak kita akan terus ketinggalan dari daerah lain. Banyak-banyak menggelar event atau antraksi wisata dan budaya, sehingga daerah maju dengan banyaknya pengunjung yang melihat daerah kita,” katanya. []

 

Editor: Eko Deni

Facebook Comments

Most Popular

To Top