Aceh

KIP Aceh Hapus 12.951 Pemilih Ganda

KIP Aceh gelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT- HP) pemilu 2019 di Hotel Mekkah, Jumat (14/9/2018). Foto: GEUNTA.COM/Mulyana Syahriyal

GEUNTA.COM, Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah menghapus 12.951 pemilih ganda yang ditemukan di 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh. Penghapusan itu disampaikan dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT- HP) pemilu 2019 di Hotel Mekkah, Jumat (14/9/2018).

Komisioner KIP Aceh Agusni SE mengatakan, setelah dilakukan pencermatan sekaligus verifikasi faktual yang dilakukan dilapangan bersama KIP Kabuten/kota, panwaslih dan panwascam, maka KIP Aceh menetapkan DPT HP sebanyak 3.441.039 orang.

“Setelah dilakukan penghapusan sebanyak 12.951 maka total jumlah pemilih tetap di Aceh berjumlah sebanyak 3.441.039 orang,” ucap Agusni SE

Sebelumnya, KIP Aceh telah menetapkan sebanyak 3.453.990 orang pemilih tetap, namun berdasarkan adanya rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu RI dan masukan data indikasi ganda yang dilakukan oleh partai politik maka kemudian dalam rentang waktu dari tanggal 6-11 melakukan pencermatan.

“Jadi selama kita lakukan pencermatan memang kita dapatkan sebanyak 12.951 orang pemilih ganda,” sebut Agusni SE

Menurutnya, kegandaan ini disebabkan oleh beberapa kategori, ada ganda identik, ganda NIK dan ganda Nama, jelasnya, ganda identik artinya itu mulai dari nama, tempat lahir, status dan sebagainya sama, ganda NIK disebabkan No Niknya sama namun nama dan lainnya berbeda, sementara ganda nama, namanya sama dan lainnya sama Cuma niknya yang berbeda.

“Kalau ganda identik kita langsung coret tidak lagi kita lakukan verifikasi faktual, tapi mana kala ada ganda diantarnya ada ganda nama dan nik, kita lakukan verifikasi faktual,” ujarnya

Saat ini, KIP Aceh akan terus melakukan pencermatan bersama partai politik secara nasional dan Banwaslu, kemudian pada tanggal 16 September 2018 akan dipleno secara nasional.

Facebook Comments
To Top