Makam Syekh Baba Daud Ar Rumi Resmi jadi Cagar Budaya

GEUNTA.COM, Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meresmikan situs cagar budaya bangunan makam Syekh Baba Daud Rumi di Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Selasa (25/09/18).

Aminullah Usman, dalam kata sambutannya menyampaikan Syekh Baba Daud Rumi atau lebih dikenal dengan sebutan Tgk Dileupu ini merupakan salah satu sosok ulama besar yang harus dikenal oleh masyarakat atas segala jasanya, sehingga pembangunan makam sejarah ini menjadi salah cara untuk mengenangnya.

“Waktu itu saya selalu menyatakan, Inysa Allah makam ini akan kita rehab di tahun pertama usai saya dilantik. Karena beliau adalah guru kita yang sudah banyak sekali memberi ilmunya kepada kita melalui kitab-kitab yang beliau karang,” ujarnya sembari mengingat janji masa kampanye.

Ia berharap pembangunan makam sejarah dan balee baca Syekh Baba Daud ini dapat menjadi objek wisata ziarah yang dikenal oleh masyarkat banyak, sehingga bermanfaat bagi warga setempat.

“Ini salah satu tujuan wisata ziarah yang akan kita memperkenalkan kepada dunia dan akhirnya menjadi sebuat objek wisata sehingga dapat memberi manfaat bagi warga sekitar,” ungkapnya.

Aminullah juga mengajak seluruh warga untuk saling menjaga dan merawat situs sejarah yang sudah dibangun ini.

“Ayo kita rawat dan kita jaga kebersihan (makam sejarah Syehk Baba Daud) agar tetap terjaga,” ajaknya.

 

Editor: Eko Deni

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...