Selamat hari Raya Idul Adha
Aceh

FK Unsyiah akan Gelar Konsultasi Dokter Gratis di Bireun

GEUNTA.COM, Banda Aceh – Aksi Kemanusiaan Mahasiswa Kedokteran (AKMK) merupakan acara bakti sosial tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK Unsyiah).

AKMK bertujuan untuk memenuhi salah satu Tridarma Pendidikan, yaitu pengabdian. Dengan aksi pengabdian ini para mahasiswa mendapatkan pengalaman dan juga pelatihan yang dapat membantu mereka dalam mempersiapkan diri sebagai tenaga kesehatan bagi masyarakat di masa mendatang.

Tema yang diusung dalam AKMK tahun ini adalah “Ngon nit yang ikhlas, langkah beujroh untuk Aceh yang sihat ngon sijahtra” yang berarti “Dengan niat yang ikhlas, langkah baik untuk Aceh yang sehat dan sejahtera”.

Tahun ini AKMK akan dilaksanakan di Kabupaten Bireuen, dari tanggal 12 sampai 14 Oktober 2018. Pelaksanaan acaranya dibagi menjadi 2 zona yaitu, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dan Kecamatan Jangka.

Salah satu acara unggulan dari kegiatan ini adalah konsultasi dokter spesialis gratis. Dimana dalam acara ini dokter-dokter spesialis dari Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh datang langsung ke Bireuen untuk melayani masyarakat di Bireuen.

Konsultasi dokter spesialis gratis diadakan di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng. Selain dokter spesialis, kami juga mengundang psikolog, apoteker, dan berbagai tenaga kesehatan lainnya.

Kecamatan Peusangan Siblah Krueng memiliki kasus penyakit kulit yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan diadakannya beberapa kegiatan seperti konsultasi dokter spesialis gratis, penyuluhan kesehatan lingkungan, pojok konsultasi, kunjungan ke rumah warga, pemeriksaan tumbuh kembang anak, dan psikoedukasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Sedangkan di Kecamatan Jangka, penyakit jiwa adalah kasus yang sering dijumpai. Maka dari itu rangkaian acara utama pada kecamatan ini adalah penyuluhan kesehatan jiwa dan home visit kesehatan jiwa, dimana kami dan dokter spesialis kejiwaan melakukan kunjungan ke rumah-rumah pasien gangguan kesehatan jiwa.

Selain itu kami juga mengadakan sunatan massal gratis, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan telinga hidung tenggorokan (THT), pojok konsultasi, psikoedukasi, kunjungan ke rumah warga, dan acara sosial masyarakat lainnya.

“Saya berharap dengan adanya acara ini banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat dan juga dari kami mahasiswa dan menjadi ladang pahala bagi semua pihak yang sudah membantu mensukseskan acara kami,” ujar Direktur AKMK 2018, Muhammad Jundi Ramadhanif. []

Facebook Comments

Most Popular

To Top