Olahraga

Mantap, Ada Hakim Garis Gawang pada Cabor Sepak Bola PORA

foto: Eko Deni Saputra

GEUNTA.COM, Banda Aceh – Ada yang menarik pada pagelaran Pekan Olah Raga Aceh (PORA) 2018 pada cabang olahraga (cabor) Sepak Bola. Penyelenggara pertandingan, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh menerapkan enam wasit pada cabor populer itu.

Dari amatan GEUNTA, satu asisten wasit tambahan disamping masing-masing gawang diterjunkan pada pertandingan tim Langsa menghadapi Bireuen di Lapangan Lubok, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (16/11/2018) sore.

Biasanya sistem tersebut dipakai pada ajang kejuaraan piala dunia maupun eropa. Bahkan, pada liga profesional Indonesia pun belum menggunakan penambahan asisten wasit hakim garis ini.

“Ini kejuaraan perdana di Aceh yang menggunakan asisten wasit garis gawang, setahu saya ini juga perdana di Indonesia. Semua ini bertujuan demi meningkatkan kualitas perwasitan, khususnya wasit Aceh,” ujar salah seorang asisten wasit, Khalid.

Sistem tersebut diterapkan agar kejuaraan PORA 2018 cabor sepak bola dapat menyajikan pertandingan yang berkelas di Aceh, sehingga mengurangi perselisihan yang sering muncul seputar sah atau tidaknya satu gol.

Selain itu, penempatan dua hakim garis tambahan tersebut juga bertujuan untuk membantu wasit dalam menentukan penalti dan memastikan apakah bola telah melewati garis.  (adv)

 

Facebook Comments
To Top