Pelantikan Keuchik
Aceh

Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang Bangun Kerjasama

Foto: Doc.Pri

GEUNTA.COM — Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan Walikota Sabang Nazaruddin bersinergi untuk membangun daerah segitiga yang dikenal dengan “Basajan” yaitu Banda Aceh, Sabang dan Jantho. Komitmen bersama tersebut dituangkan dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama oleh tiga kepala daerah yang ditandatangani pada hari Selasa, 2 April 2019 di Kota Sabang.

Mawardi Ali mengungkapkan bahwa MoU tersebut sebagai sebagai langkah awal yang akan dilanjutkan untuk membentuk lembaga aksi yang akan mengelola dan mengeluarkan ide dari kesepakatan Basajan nantinya, sehingga Aceh besar, Sabang dan Banda Aceh memilki fungsi yg bermanfaat secara bersama untuk ketiga daerah.

“Dengan kerja sama ini diharapkan kedepan dapat membuat ketiga kawasan saling membangun bersama dan bersinergi. Aceh besar sangat terbuka untuk kerjasama ini karena Aceh besar bukanlah saingan Banda Aceh dan Sabang tetapi bersama untuk membangun daerah yg lebih baik. Hari ini kesepahaman bersama telah terwujud dalam bentuk MoU untuk membangun kerja sama regional tiga daerah,” pungkas Mawardi.

Sementara itu Walikota Banda Aceh Aminullah mengatakan bahwa ketiga daerah memiliki banyak potensi luar biasa mulai dari sektor pariwisata, ekonomi, kelautan, hingga pertanian. Sehingga sinergisitas dan bekerjasama dalam upaya “menjual’” Basajan ini kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti menggelar event bersama yang akan mendorong minat wisatawan yang datang lebih banyak sehingga akan berdampak kepada perekonomian daerah.

Turut hadir dalam kesepakatan tersebut masing-masing kepala bappeda dari tiga daerah dan perwakilan dari unsur Bappeda Provinsi Aceh. MoU ini juga diharapkan dapat menjadi model sinergisitas kerja sama regional jangka panjang di Aceh untuk meningkatkan perekonomian melalui program inovasi mendatangkan turis manca negara untuk memperkenalkan budaya islami dan sumber daya alam yang luar biasa di ujung Aceh. []

Facebook Comments
Pelantikan Keuchik

Most Popular

To Top