4 Sayuran Ini Lebih Berkhasiat Jika Dimakan Mentah

GEUNTA.COM — Apa semua sayuran yang akan Anda makan dimasak terlebih dahulu? Ternyata, tidak semua sayuran baik melalui proses tersebut. Sebab, memasak beberapa jenis sayuran justru dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan baiknya untuk tubuh Anda.

Melansir dari Fitnea, berikut adalah empat sayuran yang sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah.

1. Bawang

Bawang sebaiknya dikonsumsi mentah. Sebab apabila dimasak, kandungan phytonutrisi allicin yang juga dikenal sebagai bahan penghilang rasa lapar, akan hilang. Dengan kata lain, Anda yang menyantap makanan bersama dengan bawang pun tidak akan merasa kenyang.

2. Brokoli

Brokoli sebaiknya dimakan mentah. Sebab, proses pemanasan atau dimasak akan menonaktifkan myrosinase. Ini merupakan enzim yang membantu mencegah kanker dan sakit maag. Selain brokoli, sayuran sejenis lainnya, seperti kubis, kembang kol, kale, dan kubis Brussel adalah contoh yang harus dimakan secara mentah.

3. Cabai merah

Cabai merah sebaiknya dimakan mentah. Karena ia mengandung banyak vitamin C yang akan rusak saat dimasak. Khususnya, apabila ini dilakukan di atas suhu 370 derajat. Selain itu, vitamin C larut dalam air, sehingga merebusnya pun tak akan menguntungkan dari sisi menjaga kandungan nutrisi.

4. Wortel

Wortel sebaiknya dikonsumsi mentah. Seperti yang diketahui, sayuran ini kaya akan antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C dan beta-karoten yang baik bagi tulang, gigi, dan kulit. Sayangnya, dengan memasak wortel, seluruh kandungan baik itu akan hilang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...