Lifestyle

6 Manfaat Kopi Yang Perlu Anda Tahu

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

GEUNTA.COM — Kopi merupakan salah satu minuman yang cukup populer di dunia. Aroma khas yang terdapat di dalam kopi membuat minuman ini digemari banyak orang.

Selain rasanya yang nimat, kopi juga digunakan untuk menghilangkan rasa ngantuk bagi sebagian orang. Hal ini karena beberapa zat yang terkandung di dalam kopi memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh seseorang. Berikut enam manfaat penting kopi bagi tubuh kita yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Energi

Ternyata segelas kopi dapat meningkatkan energi tubuh seseorang. Kandungan kafein di dalam kopi membuat tubuh seseorang tidak mudah lelah. Stimulan di dalam kafein mampu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah manusia, dan mempersiapkan tubuh untuk beraktivitas secara intens.

Anda dapat meminum segelas kopi untuk menambah energi dengan catatan, Anda tidak hanya meminum kopi sebelum menjalankan aktivitas fisik tetapi juga menkonsumsi makananan yang mengandung karbohidrat.

2. Membantu Membakar Lemak

Zat antioksidan yang terdapat di dalam kafein juga bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh. Pernah ada beberapa penelitian yang juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus.

Namun manfaat ini akan berkurang jika meminum kopi terus menerus dalam jangka panjang. Anda dapat meminum kopi sebelum melakukan olahraga seperti berlari atau jogging, terutama 30 menit sampai satu jam setelah kopi diminum. Hal ini merupakan waktu terbaik untuk membakar lemak secara cepat.

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Kopi ternyata dapat menurunkan resiko kanker hati. Menurut The British Liver Trust, kopi disebut baik untuk kesehatan hati.

Studi lain juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40 persen lebih rendah. Senyawa yang terdapat di dalam kopi memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikarsinogen dan manfaat lainnya yang menjelaskan mengapa ia membantu mencegah munculnya kanker hati.

Namun demikian, tidak disarankan mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak, apalagi untuk orang-orang tertentu seperti wanita hamil. Terlalu banyak kafein dalam tubuh juga bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. Anda dapat meminum secangkir gelas kopi setiap harinya namun tetap harus menjaga pola makanan yang bergizi.

4. Melindungi Penyebab Alzheimer

Zat yang terkandung di dalam kopi dapat mengurangi resiko alzheimer. Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh para peneliti Kanada dari Krembil Brain Institute dan diterbitkan di Frontiers dalam Neuroscience menemukan bahwa minum kopi sebenarnya bisa melindungi otak anda dari penyakit alzheimer.

Menurut penelitian, manfaat tersebut karena senyawa phenylindanes, yang muncul sebagai hasil dari proses roasting. Senyawa ini dapat mencengah atau menghambat penggumpalan beta amyloid dan dua fragmen protein yang umum berada di alzheimer.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi tubuh memproses gula darah. Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena berbagai kandungan yang terdapat di dalam kopi.

Para ilmuwan dari Harvard meneliti 100.000 orang selama 20 tahun, dan penelitian dipusatkan setiap 4 tahun sekali. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi lebih banyak (lebih dari segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11 persen lebih kecil.

Namun mereka yang mengurangi konsumsi kopi (hanya segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes 17 persen lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan resiko diabetes. Anda dapat mengonsumsi kopi secara teratur dengan takaran yang pas dan tetap harus menjaga pola makan serta olah raga yang teratur.

6. Mengurangi Stress dan Depresi

Meminum kopi dapat mengurangi stress dan depresi dalam diri anda. Dalam sebuah penelitian Harvard yang diterbitkan pada 2011, wanita yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

Studi lain pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari adalah 53 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena bunuh diri.

Kopi mempengaruhi zat kimia di otak untuk membuat seseorang waspada dan dampaknya neurotransmitter membantu tubuh melawan gejala stres. Anda dapat membuat kopi hangat atau sesuai dengan selera, setelah itu anda akan merasa lebih rileks saat meminumnya.

Namun Anda harus hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kecanduan dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Facebook Comments

Most Popular

To Top