Pelantikan Keuchik
Pojok

Forum Santri Nasional: Bang Makmur Tokoh Ideal Panutan Generasi Muda

H. Makmur Budiman, bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin kita lebih mengenal “Toke Makmur ”. Ya, Toke Makmur (TM) Namanya dalam dunia

H. Makmur Budiman (berkacamata) saat mendaftarkan diri untuk maju sebagai ketua Kadin Aceh di Balee Saudagar Kota Banda Aceh. Foto: Doc. Pri

GEUNTA.COM — H. Makmur Budiman, bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin kita lebih mengenal “Toke Makmur ”. Ya, Toke Makmur (TM) Namanya dalam dunia usaha sudah tersohor tidak hanya di Aceh, namun sudah dikenal kiprahnya di kancah nasional, bahkan internasional.

Sebagai pengusaha kontruksi beliau terbilang sangat sukses dibidangnya, beberapa proyek besar berhasil diselesaikan sesuai target, sebut saja proyek perluasan Masjid Raya Baiturrahman misalnya dan sejumlah proyek besar di Nusantara. Selain dalam dunia usaha jasa kontruksi beliau juga “The Man” dalam bisnis perkebunan, khususnya kelapa sawit.

Meskipun demikian kesibukannya masih tidak seberapa jika dibandingkan dengan kesibukannya dalam membangun hubungan sosial dan silaturahim dengan masyarakat apalagi generasi muda, sehingga saat ini dipercaya untuk memimpin Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banda Aceh dan juga tercatat sebagai Pengurus Nasional HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia).

Belajar dari kiprah perjalanan hidupnya, beliau sangat menginspirasi generasi-generasi muda Aceh, terutama mereka yang ingin ‘bergelut’ di dunia perkebunan dan usaha jasa konstruksi.

Ketua Pengurus Wilayah Forum Santri Nasional Aceh (PW FSN Aceh), Tgk. Faisal, S.Pd.I., MA mengungkapkan bahwa Makmur Budiman merupakan tokoh panutan yang ideal bagi pemuda Aceh dalam dunia bisnis. “Melihat kiprahnya di dunia jasa kontruksi dan pertanian beliau sosok yang ideal dijadikan panutan oleh pemuda-pemudi Aceh dalam dunia bisnis, selain memiliki jiwa usaha yg kuat, beliau juga sangat sosial dan proteksionis terhadap pengusaha baru”. ungkap Faisal.

Faisal menambahkan bahwa kesuksesan dan sepak terjang; Up and down-nya Toke Makmur harus menjadi motivasi bagi generasi muda, apalagi dalam upaya beliau membangun lini-lini sosial, kiprahnya dimasyarakat, jasanya dalam memproteksi pengusaha-pengusaha pemula, ini kita harapkan benar-benar menjadi “cerminan” bagi generasi yang akan datang dengan belajar dari kesuksesan toke makmur. Disamping itu, Kita akan mencari waktu yang tepat agar Toke Makmur bisa memberikan motivasi bisnis kewirausahaan kepada Pemuda-pemudi Aceh, Khususnya santri, santri yang berjiwa usahawan,” Katanya.

“Bagi Forum Santri Nasional, lahirnya pengusaha besar dan berjiwa sosial adalah cita-cita kita bersama,”tutup Faisal.

Sekretaris umum FSN Aceh, Al Munzir, M.Si yang akrab di sapa dengan Adun Munjir mengatakan, mendaftarnya Toke Makmur sebagai calon Ketua KADIN Aceh, menjadi sebuah kabar gembira khususnya yang berprofesi sebagai pelaku bisnis dan pengusaha UMKM. Pasalnya selama ini kita masih kurang mereka yang berjiwa sosial tinggi di Balee Saudagar Aceh, yang bisa melihat segala lini dalam membangun Aceh, yang juga mau melirik pesantren dan santri sebagai mitra strategis.

Adun Munzir, juga menambahkan bahwa Bang makmur memiliki segudang pengalaman baik organisasi maupun bisnis, punya networking yang kuat serta memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan segala elemen masyarakat, santri, ormas, dan OKP termasuk pemerintahan. ”Sehingga beliau sangat layak memimpin KADIN Aceh kedepan”. Ungkap Adun Munzir.

Ia juga berharap jika Toke Makmur nantinya dipercaya memimpin KADIN Aceh, agar organisasi tersebut dapat menjadi “obat” bagi dunia usaha. “Forum Santri Nasional Aceh berharap Kadin dapat menjadi “hujan di musim kemarau” bagi dunia usaha, dan membuka networking yg lebih luas hingga ke kancah Internasional. Harap Adun Munzir. []

Facebook Comments
Pelantikan Keuchik

Most Popular

To Top