Pelantikan Keuchik
Aceh

Kadin Aceh Jalin Kerjasama dengan Iran

Sekretaris Atase bidang Ekonomi kedutaan Iran di Indonesia, Mohammad Hassan Tavakoli saat mengunjungi Balee Saudagar Aceh, Peuniti Kota Banda Aceh, Kamis (4/7/2019). Foto: Doc Pri

GEUNTA.COM, Banda Aceh — Kedutaan Besar Republik Iran mengunjungi Aceh dalam rangka penjejakan kerjasama dua belah pihak di berbagai bidang, salah satunya dalam hal ekspor minyak sawit.

Pertemuan perwakilan kedutaan Iran itu berlangsung di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, Kamis (4/7/2019) siang.

Sekretaris Atase bidang Ekonomi kedutaan Iran di Indonesia, Mohammad Hassan Tavakoli mengatakan, ini kunjungan pertamanya ke Aceh dan secara khusus ingin melihat perkembangan Aceh usai dilanda musibah besar gempa dan tsunami tahun 2004 lalu. Dia mengaku senang melihat perkembangan Aceh yang begitu pesat.

Kunjungan ini pun, katanya juga ingin melihat peluang kerjasama antara Iran dan pengusaha-pengusaha yang ada di Aceh.

“Dalam perbincangan dengan pelaku-pelaku ekonomi di Kadin tadi, kami telah mengenal lebih dekat kapasitas pelaku bisnis di sini. Tadi juga kami membicarakan panjang lebar potensi-potensi ekonomi yang ada di Aceh,” katanya seperti dilansir laman popularitas.com.

Salah satu hal yang dibahas secara serius dalam pertemuan dengan pihak Kadin Aceh tadi, sebut Tavakoli mengenai perbincangan tentang ekspor minyak sawit CPO (crude palm oil) dari Aceh ke Iran.

“Para produser (minyak sawit CPO) di Aceh, bisa langsung melakukan ekspor ke Iran tanpa perantara,” sebutnya.

Selain menyambangi Kadin Aceh, pihak Kedutaan Besar Iran juga berkunjung untuk penjejakan kerjasama dengan universitas di Aceh, salah satunya Universitas Islam Negeri Ar-Raniry terkait di bidang ilmiah.

“Kami menyatakan juga siap bekerja sama dengan universitas yang ada di Aceh, misalnya disektor keilmuan, pertukaran pelajar, dan lainnya,” tuturnya.

Facebook Comments
Pelantikan Keuchik

Most Popular

To Top