Pemko Banda Aceh Gelar Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City

GEUNTA.COM, Banda Aceh — Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai salah satu kota yang terpilih untuk mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 Rabu (10/7/2019) menggelar Bimbingan Teknis Gerakan Menuju 100 Smart City. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh Dewan Smart City, Tim pelaksana Smart City, perwakilan seluruh OPD di Kota Banda Aceh, Para Keuchik, Masyarakat, Akademisi, Diskominsa Aceh, dan Tim Pembimbing dari Kementerian Kominfo.

Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak, MM dalam sambutan yang dibacakan oleh sekda kota Ir Bahagia, Dipl.SE saat membuka acara di Aula Lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota berharap melalui Bimtek ini, maka program pendampingan Gerakan Menuju 100 Smart City serta penyusunan Masterplan Smart City Kota Banda Aceh akan tersosialiasikan dengan baik. Sehingga nantinya akan meningkatkan pemahaman para peserta mengenai sasaran Smart City Kota Banda Aceh.

Mengawali sambutannya, Wali Kota mengucapkan selamat kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh yang atas kerja kerasnya telah membawa Kota Banda Aceh dinyatakan lulus seleksi dan terpilih untuk mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.

“Dari 165 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, dipilih 25 kabupaten/kota sebagai percontohan Smart City di Indonesia, dan Alhamdulillah Kota Banda Aceh terpilih,” kata Wali Kota.

Wali Kota berharap melalui program smart city dan bimtek ini akan semakin menciptakan efisiensi bagi pemerintah dan juga masyarakat. Yang terpenting masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dengan mudah dan cepat karena semuannya sudah berbasis teknologi informasi.

“Apalagi saat ini hampir semua kalangan telah memanfaatkan smartphone dan jaringan internet dalam aktivitas sehari-hari. Fenomena inilah yang harus kita manfaatkan untuk membangun masterplan data yang terintegrasi dengan aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota Banda Aceh,” imbuhnya.

Secara teknis, Pemerintah Kota telah menyusun dan membentuk tim untuk menyiapkan segala elemen kerja yang diperlukan dalam implementasi Smart City termasuk pembentukan Dewan Smart City yang beranggotakan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pakar Smart City dari kalangan akademisi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh Bustami, SH mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini antara lain sebagai sosialiasi mengenai program pendampingan Gerakan Menuju 100 Smart City serta penyusunan Masterplan Smart City Kota Banda Aceh dan meningkatkan pemahaman mengenai sasaran Smart City Kota Banda Aceh dengan memaparkan prioritas pembangunan berdasarkan analisis SWOT Kota Banda Aceh serta melibatkan perangkat daerah dan akademisi di lingkungan Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Ditjen Aplikasi Informatika Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kementerian Kominfo, ibu Mellawaty dan Pembimbing Smart City Kota Banda Aceh, Ibu Lolly Amalia Abdullah. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...