Pelantikan Keuchik
Olahraga

Barongsai Aceh Menuju Turnamen Internasional di Tiongkok

Banda Aceh, GEUNTA.COM — Barongsai Adalah permainan/tradisi dari masyarakat Tionghoa yang berasal dari negeri Tiongkok. Permainan ini sangat di minati Oleh masyarakat dunia.

Begitu juga di Indonesia dan khususnya di Aceh, permainann Barongsai sangat dinanti-nanti, karena permainan ini membutuhkan keahlian khusus, keterampilan dan keberanian serta latihan yang sangat disiplin dan dibutuhkan waktu yang lama untuk dapat memainkan permainan ini.

Akhirnya, pada 23 Februari 2013 permainan Barongsai secara resmi di kategorikan sebagai salah satu cabang olah raga yang di pertandingkan dan bergabung dibawah bendera KONI dengan nama Federasi Olah Raga Barongsai Indonesia (FOBI).

Salah Satu club Barongsai di Aceh yang telah malang melintang dibeberapa kejuaraan nasional adalah Club Barongsai “Golden Dragon” (GD) Binaan Yayasan HAKKA Aceh.

Golden Dragon telah Mewakili Aceh di PON XIX 2016 di Jawa Barat dan berhasil Meraih Medali perunggu, serta mengikuti kejurnas-kejurnas di Jakarta dan di Padang, Ujar KHO KHIE SIONG yang  akrab di Sapa Aky.

Aky yang juga merupakan Ketua Yayasan HAKKA Aceh dan Juga Ketua FOBI menyampaikan, pada 17-22 September 2019 ini Club Golden Dragon telah di tunjuk dan di percayakan untuk mewakili Perkumpulan HAKKA Indonesia Sejahtera (PHIS) untuk berlaga dalam Kejuaran Dunia.

Kita Pantas Bangga, barongsai Aceh dipercayakan untuk mewakili Indonesia di Kancah Turnamen Internasional, Meskipun dengan beban dan tanggungjawab yang sangat besar untuk dapat mencapai prestasi yang baik dan untuk mengharumkan nama Aceh Khususnya dan Indonesia Umumnya, Ujar Aky.

Kepercayaan dan Kesempatan ini juga menjadi berkah bagi kita semua secara tidak langsung kita dapat mempromosikan Aceh ke tingkat dunia, Timpal Aky.

Dukungan dan doa dari seluruh masyarakat aceh untuk keberhasilan Barongsai Aceh meraih prestasi sangat kita harapkan, Harap Aky.

Facebook Comments
Pelantikan Keuchik

Most Popular

To Top