Usai Dilantik, Ini Pesan Bupati Aceh Besar Kepada Para Keuchik

ACEH BESAR— Sebanyak 134 Keuchik (Kepala Desa) di sejumlah Kecamatan di Aceh Besar resmi dilantik, di Kota Jantho, Selasa (17/9). Sumpah jabatan para Keuchik terpilih itu langsung diambil oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

Kepada Keuchik yang baru dilantik itu, bupati Aceh Besar menyampaikan pesan, agar melakukan singkronisasi program dengan pemerintah kabupaten. Langkah itu, dilakukan kata Mawardi supaya terwujudnya sinergisitas dalam pembangunan bersama dan berkelanjutan. Semisal sebut Mawardi soal pengelolaan sampah di tiap gampong.

“Pengelolaan sampah harus menjadi tanggung jawab Gampong dan kabupaten,” Ujar Mawardi.

Untuk itu, dia meminta Gampong (Desa) mengalokasikan Dana Desa untuk pengelolaan sampah, seperti pengutipan dan penyediaan lokasi penampungan sementara untuk selanjutnya mudah diangkut oleh truk sampah Aceh Besar ke TPA.

“Kalau perlu silakan ambil retribusi jika sampah dijemput kerumah masyarakat,” ungkap Mawardi Ali.

 

Harapan Bupati Aceh Besar itu, agar pada tahun 2020 sampah ditangani dengan baik dan menjadi persoalan bersama antara pimpinan gampong dan pemerintah Aceh Besar.

Mawardi Ali juga mewanti-wanti para Keuchik tidak “main proyek” dengan Dana Desa.

“Keuchik tidak boleh main proyek, tapi berdayakan masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Bupati juga meminta para Keuchik untuk mempersiapkan generasi masa depan dengan mengirimkan satu Duta Gampong pada pembinaan hafidz program 1 Gampong 1 Hafidz, di Ma’had Tahfidz Al Fauzul Kabir Kota Jantho.

Ke-134 Keuchik yang dilantik hari ini merupakan hasil pemilihan Keuchik langsung serentak yang dilaksanakan pada 5 Agustus 2019 yang lalu di 21 Kecamatan dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...