Peringati Hari Santri, ACT Aceh Salurkan 2.000 Kilogram Beras ke Dayah-dayah

Peringati Hari Santri, ACT Aceh Salurkan 2.000 Kilogram Beras ke Dayah-dayah

Geunta.com, Aceh Besar– Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyalurkan beras ke Dayah Al-Anshar Lhok Geulumpang, Setia Bakti, Aceh Jaya dan ke Dayah Tgk Chik Disampang, Meunasah Tutong, Montasik, Aceh Besar dengan total sebanyak 2.000 kilogram beras. Penyaluran beras ini merupakan serangkaian kegiatan program Beras untuk Santri Indonesia (BERISI) ACT dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Jumat (25/10).

Kepala Cabang ACT Aceh Husaini Ismail mengharapkan penyaluran beras ke dua dayah tersebut dapat meningkatkan semangat ratusan santri-santriwati dalam menuntut ilmu. “Beras yang kita salurkan ini akan menjadi darah dan daging, sehingga mereka bisa semakin semangat menuntut ilmu dan menjadi generasi emas di masa sekarang dan akan datang,” ucapnya di hadapan puluhan santri di Dayah Tgk Chik Disampang, Meunasah Tutong, Montasik, Aceh Besar.

Ia menjelaskan bahwa program BERISI merupakan bentuk apresiasi kepada para santri. Apalagi santri pada zaman perjuangan kemerdekaan memiliki andil besar dalam meraih kemerdekaan. Alumni dayah ataupun pesantren dapat mengisi implentasi syariat Islam di bumi serambi Mekkah ini.

Saat ini kondisi dayah di Aceh beragam. Sebagian di antara dalam kondisi membutuhkan uluran tangan baik dari segi infrastruktur, biaya operasional, dan lainnya. Apalagi dari sejumlah dayah tersebut menampung anak-anak yatim dan fakir miskin. Salah satu contohnya Dayah Al-Anshar. Karenanya, rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional merefleksiksikan dunia santri sebagai tempat pengkaderan generasi islami. “Beras yang kami salurkan itu produk lokal. Penggunaan produk lokal bentuk respon kami mendukung kesejahteraan petani,” paparnya.

Ia mengharapkan, melalui dukungan para dermawan ke depan ACT Aceh akan melaksanakan program serupa guna membantu kebutuhan pangan para santri.

Pimpinan Dayah Tgk Ismaryadi Tgk Chik Disampang menuturkan bahwa bantuan beras tersebut dapat meringankan beban santri dalam menuntut ilmu. “Semoga program agar program-program seperti ini mendapat keberkahan,” harapnya.

Penyerahan beras berlangsung dengan lancar dan tertib. Santri terlibat aktif membantu mengangkat beras dari mobil untuk dipindahkan ke lokasi penyimpanan. [*]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...