Angka Pengangguran di Aceh Turun

Angka Pengangguran di Aceh Turun

Geunta.com, Banda Aceh—Angka pengangguran di Aceh per tahun 2019 dilaporkan mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh dalam rilis terbarunya menyebutkan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Aceh tahun ini mencapai 6.20 persen, sedangkan di tahun lalu sebesar 6.38 persen. Hal itumenunjukkan bahwa pertumbuhan lapangan kerja Aceh kianmeningkat.

“TPT dalam 3 tahun terakhir ini kita terus mengalami penurunan(angka pengangguran), namun itu jika kita bandingkan dariappel to appel. Sekali lagi saya katakan jangan dibandingkandengan Februari, karena beda situasinya, pada bulan Februarikita naik (angka pengangguran) sebanyak 5.53 persen,” kata Wahyudin, Kepala BPS Aceh, Selasa 5/11.

Wahyudin merinci, tahun 2017 angka pengangguran di Aceh mencapai 6,57 persen kemudian di tahun 2018 kembalimengalami penurunan menjadi 6.38 persen dan kini di tahun2019 turun menjadi 6,20 persen.

Ada beberapa sektor yang serapan tenaga kerjanya banyaksehingga membuat pengangguran di Aceh Aceh berkurang. Di antaranya adalah sektor pertanian dan perkebunan denganserapan tenaga kerja sebanyak 36.49 persen dengan jumlah 810 ribu pekerja.

Di posisi kedua adalah sektor perdagangan yaitu mencapai 35.74 persen dengan jumlah 349 ribu pekerja. Untuk sektorpengolahan sebesar 8.20 persen (187 ribu pekerja), jasapendidikan 7.60 persen (183 ribu pekerja). Sedangkan di sektorpengadaan listrik, gas air pengelolaan sampah limbah dan daurulang, menjadi sektor terendah penyerapan tenaga kerja hanyamenyerap 0.42 persen saja dengan jumlah pekerja hanya 11 ribu.

Dengan menurunnya tingkat pengangguran di Aceh, kata Wahyudin, menunjukkan bahwa adanya kemajuan yang lebihbagus. Artinya kini perekonomian di dalam masyarakat Aceh sudah mulai tumbuh. “Sudah ada progres di sektor ekonomi, baik ekonomi kreatifnya, kemudian berkembang juga untukindustri, baik industri rumah tangga atau lain sebagainya,” kata Wahyudin.

Wahyudin menuturkan, jika Tingkat Pengangguran Terbuka di Aceh terus mengalami penurunan maka hal tersebut tentunyaakan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Aceh, “sehingganantinya angka kemiskinan di Aceh turut menurun.[*]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...